Friday

Mengganti tema gtk default saat remaster

Cara Meremaster Ubuntu dengan UCK



ini merupakan tutorial bagaimana cara membuat distro sendiri dengan Ubuntu, pada tutorial ini penulis menggunakan turunan ubuntu yaitu Lubuntu sebagai media remaster. Dan menggunan LXDE sebagai lingkungan desktopnya.



Mengganti tema gtk default

Pada tutorial ini, kita akan mengambil file yang ada di dalam .config yang ada pada directoy home kita, dan penulis asumsikan agar sebelum meremaster theme dan icon untuk mencoba mengganti tema pada os kita terlebih dahulu, agar mudah dalam proses konfigurasi.

masuklah ke directory home kita
(ketik ctrl+h) untuk menampilkan file yang tersembunyi,
masuklah ke folder .config, kemudian copy folder gtk-2.0, gtk-3.0, dan lxsession ke directory /remaster-root/etc/skel/.config/

Untuk mengganti tema dan icon default edit file desktop.conf yang ada di dalam folder /lxsession/LXDE/desktop.conf

 
Ubahlah nama tema dan icon pada file konfigurasi tersebut (lihat pada Screenshot)
pada konfigurasi ini penulis menggunakan theme ambiance dan icon clarity.
Kemudian copy tema dan icon dari komputer kita ke sistem remaster.

Cari nama theme dan copy tema tersebut dari /usr/share/themes (sistem anda) kedalam directory /remaster-root/usr/share/themes/


 
begitu juga dengan icon, cari nama icon dan copy dari /usr/share/icons (sistem anda) ke drectory /remaster-root/usr/share/icons

**nama icons dan themes pada saat konfigurasi harus sesuai dengan nama dan icon yang kita pilih.


Lihat langkah selanjutnya :-)

Related Posts

Mengganti tema gtk default saat remaster
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

10 komentar

Tulis komentar
avatar
March 6, 2016 at 9:13 PM

Terimakasih banyak om admin buat semua ilmunya, saya lagi coba2 remaster ubuntu buat tugas kuliah. Sebelumnya saya pakai Ubuntu 14.04.4 LTS buat iso remasternya, dari awal sampe akhir tutorial sudah saya ikutin, cuman saya stuck di sini "mengganti tema default". Masalahnya di Ubuntu yang saya remaster tidak ada folder lxsession di ~/.config
mohon solusi dan bimbingannya om admin. Terimakasih banyak

Reply
avatar
March 6, 2016 at 10:34 PM

itu harus diedit sendiri, dibuat sendiri

Reply
avatar
March 7, 2016 at 10:58 AM

Oh jadi beda ya, terus kalo di Ubuntu defaultnya simpan konfigurasi desktop dimana om?
makasih sebelumnya

Reply
avatar
March 8, 2016 at 6:13 AM

bisa di save ke /etc/xdg mas

Reply
avatar
March 14, 2016 at 3:06 PM

mas admin, saya mau nanya lagi.
saat remaster ditahap ini, saya pindahkan semua folder .cache .compiz .config .dbus .gconf .local ke calon remaster saya (~/tmp/remaster-root/etc/skel)
dengan harapan saat livecd, tampilan sama dengan yang saya harapkan, dan itu work seperti yang saya harapkan, cuma masalahnya ada di folder home (documents dll) yang tidak ada saat livecd, kalo saya boleh nanya sama mas admin, kesalahan ada dimana ya?
sedangkan saat saya tidak memindahkan semua folder di atas, folder home tersedia saat livecd. mohon tanggapannya

Reply
avatar
March 15, 2016 at 1:30 PM

wah ternyata permasalahannya ada di .config/user-dirs.dirs
setelah saya hapus file tsb, home (doccuments dll) tersedia saat live cd :)

Reply
avatar
April 15, 2016 at 1:56 AM

Mas Admin kok di ane gaada file gtk2 nya yaa? hanya ada gtk3 saja. itu gimana mas admin?

Reply
avatar
April 15, 2016 at 1:57 AM

Terus juga di file .config yang di dir /remaster-root/etc/skel/ tidak ada gan. apa harus buat sendiri?

Reply
avatar
May 17, 2016 at 3:19 PM

"masuklah ke directory home kita
(ketik ctrl+h) untuk menampilkan file yang tersembunyi,
masuklah ke folder .config, kemudian copy folder gtk-2.0, gtk-3.0, dan lxsession ke directory /remaster-root/etc/skel/.config/

Untuk mengganti tema dan icon default edit file desktop.conf yang ada di dalam folder /lxsession/LXDE/desktop.conf"

saya stuck disini bang admin, file lxsession sama desktop.conf nya gk ada, biar ada digimanai? de saya unity

Reply
avatar
May 22, 2016 at 9:05 PM

@Dedi Cahyadi : gan, kamu pake unity gan? mindahin theme nya gimana ya? folder apa aja yg di pindahin?

Reply

Komentarlah apabila belum paham. berikan komentar yang baik serta membangun, dilarang berjualan disini, dilarang promosi produk apapun.