Thursday

7 Desktop Environment Terbaik

Desktop Environment paling populer

Di setiap Lingkungan Desktop (Desktop Environment) tidak ada yang paling lebih baik, karena semua lingkungan desktop mempunyai estetika, fungsi, dan fitur tersendiri.

Unity

Unity adalah Lingkungan desktop yang ada secara default di Ubuntu, dikembangkan oleh Ubuntu dan juga untuk Ubuntu. Tidak ada distribusi Linux lainnya yang mengadopsi Unity.



Salah satu fitur yang paling menarik dari Unity adalah "scopes," yang memungkinkan Anda untuk mencari berbagai jenis konten di web dan komputer lokal Anda melalui "dash," yang berisi daftar aplikasi yang terinstal di sistem Anda. fitur juga adalah salah satu fitur utama dari Ubuntu Touch. Unity juga memiliki beberapa fitur unik lainnya, seperti "HUD" yang memungkinkan Anda untuk mencari pilihan menu program dan mengaktifkan mereka langsung dari keyboard Anda.
 


Unity hanya tersedia pada Desktop Utama Ubuntu.

Gnome 3

Ubuntu pernah menggunakan versi lama dari desktop GNOME, karena kebanyakan distribusi Linux menggunakan lingkungan desktop ini saat itu. Tapi, dengan pergeseran dari GNOME 2 ke GNOME 3 dan desktop GNOME Shell, Ubuntu memutuskan untuk pergi dengan caranya sendiri. namun GNOME tidak menyerah, GNOME Shell telah meningkat secara dramatis. Bahkan pengguna yang lebih memilih lingkungan desktop yang lebih tradisional bisa mendapatkannya melalui modus klasik GNOME. GNOME juga bisa diatur dengan ekstensi. 

Unity dan GNOME sebenarnya cukup mirip, dan menggunakan banyak aplikasi yang sama. Kedua lingkungan desktop ini memanfaatkan hardware grafis 3D untuk efek yang lebih menarik.

Fedora Workstation menggunakan versi terbaru dari GNOME sebagai desktop default-nya, yang membuatnya menjadi tempat yang baik untuk melihat GNOME beraksi.

KDE Plasma 5

Secara tradisional, KDE dan GNOME adalah lingkungan desktop terbesar yang tersedia untuk Linux. GNOME desktop sekarang telah terpecah-pecah menjadi GNOME, Unity, Cinnamon, dan MATE, tetapi proyek KDE masih akan kuat. Plasma 5 antarmuka yang lebih dipoles dari sebelumnya.


Menggunakan KDE sebenarnya sangat berbeda dengan menggunakan Unity, GNOME, Cinnamon, atau MATE. Mereka semua menggunakan aplikasi GNOME yang sama dibangun dengan toolkit GTK. Sedangkan KDE dibangun di atas Qt, dan memiliki aplikasi suite sendir. Setiap aplikasi dapat berjalan pada desktop apapun, tetapi aplikasi ini dirancang agar lebih baik dan terintegrasi pada desktop KDE.

Ambil Kubuntu 15.04 untuk mendapatkan KDE Plasma 5 .

Cinnamon

Cinnamon awalnya dibangun untuk Linux Mint, tapi sekarang sudah ada pada distro Linux lainnya seperti Ubuntu, Fedora, dan Debian.

Cinnamon akan paling akrab bagi pengguna yang menyukai lingkungan desktop Linux classic, atau pengguna Windows yang tidak pernah menyukai taskbar baru pada Windows 7 dan disukai daftar jendela tradisional.

Mencoba Linux Mint dengan Cinnamon untuk mendapatkan pengalaman yang baik.

MATE

Secara Kenyataan MATE dan Cinnamon adalah Lingkungan desktop yang mirip, Linux Mint tersedia dengan baik Cinnamon atau lingkungan desktop MATE. Sementara Cinnamon mengambil kode GNOME 3 dan bercabang untuk membuat desktop yang lebih tradisional, MATE mengambil kode GNOME 2 desktop dan mulai memperbarui untuk terus bekerja pada distribusi Linux modern. DE ini tidak hanya tersedia di Mint tetapi juga untuk distribusi Linux lain seperti Fedora, Ubuntu, dan Debian.

Jika Anda pernah menggunakan GNOME 2 di masa lalu dan tidak terjawab itu, i Mate adalah lingkungan desktop Linux yang cocol untuk Anda. Pengguna baru mungkin lebih baik pergi dengan Cinnamon, yang merupakan desktop bergaya tradisional dibangun pada kode yang lebih modern. Namun, komputer lama dapat melakukan lebih baik dengan MATE 2. Jika Anda memiliki masalah dengan kinerja pada Cinnamon dan Anda ingin sesuatu yang mirip, Mate perlu dicoba.

Gunakan Linux Mint dengan MATE untuk pengalaman MATE yang solid.       

LXDE


Lxde saat ini mengambil mahkota untuk lingkungan desktop yang ringan-tapi-user-friendly. Jika Anda memiliki komputer lama Anda ingin menyimpan dalam permainan, LXDE adalah Lingkungan Desktop yang harus dicoba. Anda tidak akan menemukan efek grafis mewah di sini, tapi Anda mendapatkan dasar, lingkungan desktop ringan yang memungkinkan Anda memulai dan mengelola aplikasi Anda.

Coba Lubuntu untuk pengalaman LXDE yang solid.


Xfce


Secara tradisional, ini adalah pilihan ketiga utama setelah GNOME dan KDE. DE ini sedikit lebih ringan dari KDE dan GNOME. Setelah GNOME 3 dirilis, Xfce menjadi top "tradisional" lingkungan desktop Linux.

Sejak itu, Xfce telah diperas dari kedua ujungnya. Lxde hanya lebih ringan. Cinnamon fitur lengkap. MATE dengan fitur yang lebih lengkap dan hampir sama ringan pada saat ini. Xfce tidak mati, namun perkembangannya bergerak perlahan.

Cobalah Xfce dengan menginstall Xubuntu


Related Posts

7 Desktop Environment Terbaik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

7 komentar

Tulis komentar
avatar
August 17, 2015 at 9:59 PM

harus saya akuin tampilan linux asli keren banget, tapi ntah kenapa saya masih belum sreg migrasi OS dari windows ke linux

Reply
avatar
August 21, 2015 at 6:09 PM

memang untuk migrasi ke linux diperlukan niat yang matang, tapi kalo belum dicoba tidak akan nyaman

Reply
avatar
August 27, 2015 at 9:43 PM

saya lagi gunain Gnome sih, dan udah cukup puas dengan interfacenya, user experiencenya juga lebih ke gue banget.
karena emang butuhnya, tombol pencet aplikasi, kotak search, dan kategorinya otomatis bisa lewat gnome-tweak-tool.

Reply
avatar
February 21, 2016 at 9:23 PM

gnome di kali saya sering crash, akhirnya migrasi ke xfce

Reply
avatar
Anonymous
February 24, 2016 at 1:59 PM

wah, info menarik mas. sekarang aku make gnome, berasa berat banget yak.. idle ga di apa2in makan ram hampir 2GB gnome-shellnya :D

Reply

Komentarlah apabila belum paham. berikan komentar yang baik serta membangun, dilarang berjualan disini, dilarang promosi produk apapun.