Friday

Nonaktifkan UEFI Secure Boot Di Windows 8 & 8.1

Ada terlalu banyak keluhan pada Secure Boot. Karena rumor tersebut, beberapa orang hampir percaya bahwa dual boot ke Linux tidak mungkin dilakukan dengan pra-instal Windows 8. Sementara itu benar untuk Arm PC, boot aman dapat dinonaktifkan dalam sistem berbasis Intel.

Untuk mengakses pengaturan UEFI, Anda akan harus pergi dari dalam Windows. Mari kita lihat bagaimana untuk mengakses pengaturan UEFI untuk menonaktifkan secure boot di Windows 8.

Step 1: Go to PC settings

 

Step 2: Go to Advanced startup

 

Akan ada sedikit perbedaan dalam pengaturan PC untuk Windows 8 dan Windows 8.1. Tergantung mana yang Anda gunakan, Anda dapat mengikuti prosedur masing-masing dijelaskan sebagai berikut:
 
Windows 8: Pada Windows 8, Anda perlu pergi ke pengaturan General PC dan pilih Advanced startup dan kemudian klik Restart Now:
Window 8.1: In Windows 8.1, go to Update and recovery from left sidebar: 

Then click Restart now under Advanced startup: 
Jangan kuatir! Ini tidak akan restart setelah itu, melainkan akan memberikan beberapa opsi yang akan Anda lihat pada boot berikutnya.

Step 4 Access UEFI settings

Setelah Anda mengklik Tombol Restart now, Anda akan disajikan dengan beberapa pilihan untuk memilih dari dalam layar berikutnya. Pilih Masalah di sini:

In Troubleshoot menu, select Advanced options: 

In Advanced options menu, choose UEFI Firmware settings:  

Selanjutnya, klik pada tombol Restart untuk reboot sistem anda dalam pengaturan UEFI yang 'mungkin' tampaknya memiliki antarmuka yang sama seperti BIOS.


Step 5: Disable secure boot in UEFI

 

Pada saat ini Anda harus telah boot ke utilitas UEFI. Anda dapat mengubah berbagai pengaturan di sini tapi yang ingin kita lakukan sekarang adalah untuk menonaktifkan opsi secure boot untuk memungkinkan dual boot Ubuntu atau Linux lainnya

Pindah ke tab Boot, di sana Anda akan menemukan pilihan secure boot Boot yang diatur untuk diaktifkan. Gunakan tombol panah untuk pergi ke Secure Boot option lalu tekan enter untuk memilihnya. Gunakan + atau - untuk mengubah nilainya. Konfirmasi  saat diminta. Tekan F10 untuk menyimpan perubahan dan keluar dari pengaturan UEFI. 

Selanjutnya Anda akan boot ke Windows secara normal. Sekarang Anda seharusnya dapat dual boot Windows 8 dengan Ubuntu atau Linux OS lainnya.

Related Posts

Nonaktifkan UEFI Secure Boot Di Windows 8 & 8.1
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Komentarlah apabila belum paham. berikan komentar yang baik serta membangun, dilarang berjualan disini, dilarang promosi produk apapun.