Thursday

Menu pada Libre Office Writer


Menu Bar adalah Jendela yang berisi perintah dalam proses pembuatan dokumen, pengeditan, dll. Yang terdapat pada menu bar adalah File, Edit, View, Insert, Format, Table, Tools, Windows, Help.

a. File
Menu file berfungsi untuk membuat, membuka, menyimpan, mencetak, mengatur ukuran halaman hingga menutup suatu dokumen yang kita buat.
Menu file terdapat beberapa sub-menu pilihan. Yaitu :
  1. New : Untuk membuat dokumen baru.
  2. Open : Untuk mebuka dokumen.
  3. Recent Doucments : Untuk melihat dan membuka dokumen yang baru dibuat.
  4. Wizard : Untuk menampilkan wizard
  5. Template : Untuk menyimpan / mengatur template.
  6. Close : Untuk menutup dokumen.
  7. Save : Untuk menyimpan dokumen.
  8. Save as : Untuk menyimpan dokumen dengan nama/format lain.
  9. Save as copy : Untuk menyimpan dan menyalin dokumen.
  10. Save all : Untuk menyimpan semua dokumen.
  11. Reload : Untuk merefresh/menyegarkan.
  12. Versions : Untuk menyimpan file dengan format read-only.
  13. Export : Untuk mengekspor dokumen ke format lain.
  14. Export as PDF : Untuk membuat file pdf.
  15. Send : Untuk mengirim dokumen ke media lain.
  16. Poperties : Untuk mengatur dokumen.
  17. Digital Signature : Untuk membuat tanda tangan digital.
  18. Preview in web browser : Untuk menampilkan dokumen di browser.
  19. Page preview : Untuk melihat halaman dokumen sebelum di cetak.
  20. Print : Untuk mencetak dokumen.
  21. Printer Setting : Untuk mengatur alat cetak.
  22. Exit LibreOffice : Untuk keluar dari LibreOffice.


b. Edit
Menu Edit berfungsi untuk mengedit (melakukan perubahan dengan cara menambah, menghapus, memotong, menyalin, dan lain-lain).
Menu yang ada di Menu Edit :
  1. Undo : Untuk kembali ke perintah sebelumnya.
  2. Redo : Untuk Menuju perintah setelah di Undo.
  3. Repeat : Untuk mengulangi perintah user.
  4. Cut : Untuk memotong teks.
  5. Copy : Untuk Menyalin teks.
  6. Paste : Untuk menampilkan hasil salinan.
  7. Paste Special : Untuk menampilkan hasil salinan dengan perintah tambahan.
  8. Select Text : Untuk menandai teks.
  9. Selection : Untuk mengatur mode penanda.
  10. Select All : Untuk menandai semua teks.
  11. Change : Untuk merubah/atau mengatur dokumen.
  12. Compare Documents : Untuk membandingkan dokumen.
  13. Find : Untuk Mencari Teks.
  14. Find & Replace : Untuk mencari dan mengganti teks.
  15. AutoText : Untuk membuat teks otomatis.
  16. Exchange Database : Untuk pertukaran database.
  17. Fields : Untuk mengatur field.
  18. FootNote/EndNote : Untuk Mengatur catatan kaki.
  19. Index Entry : Untuk Mengatur index entry
  20. Bibliography Entry : Untuk mengatur Bibliography entry.
  21. Hyperlink : Untuk mengatur Hyperlink.
  22. Links : Untuk mengatur/membentuk hubungan.
  23. Plug in : Untuk mengaktifkan/mematikan plug in.
  24. Image Map : Untuk melihat/mengatur peta gambar/letak gambar.
  25. Object : Untuk mengatur objek yang telah disisipkan.
    c. View
Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.
Menu view terdapat submenu pilihan :

  1. Print Layout : Untuk menampilkan print layout yang berupa sebuah tampilan editing dokumen kita ketika akan mencetak.
  2. Web Layout : untuk menampilkan tampilan editing dokumen kita ketika muncul di web browser.
  3. Toolbars : untuk menampilkan dan menyembunyikan toolbar-toolbar yang dikehendaki.
  4. Status bar : Untuk menampilan/menyembunyikan Status dokumen.
  5. Input Method Status
  6. Ruler : untuk menampilkan dan menampilkan/menghilangkan penggaris yang ada di atas area kerja.
  7. Text Boundaries
  8. Field Shading : Untuk menampilkan/menyembunyikan bayangan field.
  9. Field Name : Untuk menampilkan/menyembunyikan nama field.
  10. Nonprinting Character : Untuk menampilkan/menyembunyikan karakter yang tidak tercetak.
  11. Hidden Paragraph : Untuk menyembunyikan paragrap.
  12. Comment : Untuk membuat komentar.
  13. Data Source : Untuk menampilkan/menyembunyikan sumber data.
  14. Navigator : Untuk menampilkan/menyembunyikan menu navigasi.
  15. Sidebar : Untuk menampilkan menu toolbar pada sisi dokumen.
  16. Fullscreen : Untuk membuat mode layar penuh.
  17. Zoom : Untuk mengatur perbesaran tampilan dokumen.

d. Insert
Menu insert berfungsi untuk menyisipkan teks, tanggal atau waktu, simbol, diagram, file, objeck, dan sebagainya. Selain itu dapat digunakan untuk memberi nomor halaman pada dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu insert.

  1. Manual Break : Untuk menentukan jenis perpindahan
  2. Fields : Untuk menyisipkan field
  3. Special Character : Untuk menyisipkan karakter spesial.
  4. Formatting Mark : Untuk menyisipkan format penanda
  5. Section : Untuk menyisipkan section
  6. Hyperlink : Untuk menyisipkan Hyperlink
  7. Header : Untuk membuat header
  8. Footer : Untuk membuat footer
  9. Footnote/Endnote : Untuk menyisipkan catatan kaki pada halaman tertentu
  10. Bookmark : untuk menyisipkan bookmark
  11. Cross-Reference : Untuk menyisipkan Keterangan
  12. Comment : untuk menyisipkan komentar dan catatan
  13. Script : Untuk menyisipkan Script
  14. Indexes and Tables : Untuk menyisipkan index dan tabel
  15. Envelope : Untuk menyisipkan/membuat amplop
  16. Frame : Untuk menyisipkan bingkai
  17. Table : Untuk menyisipkan/membuat tabel
  18. Image : Untuk menyisipkan gambar
  19. Movie and Sound : Untuk menyisipkan video dan suara
  20. Object : Untuk menyisipkan sebuah objek (OLE Object, plug-in, Formula, Chart).
  21. File : Untuk menyisipkan file.

e. Format
Menu Format berfungsi untuk menentukan jenis huruf, paragraf, memberikan penomoran, membuat jenis kolom dalam teks, memberi bingkai dan arsiran, mengatur huruf besar dan kecil dan berbagai hal yang berkaitan dengan format dokumen. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi menu format, berikut berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu format.

  1. Clear Direct Formatting : Untuk menghapus pengaturan formatting
  2. Character : Untuk mengatur format karakter
  3. Paragraph : Untuk menentukan jenis paragraf
  4. Bullet and Numbering : untuk memberikan bullet dan penomoran
  5. Page : Untuk mengatur format halaman
  6. Title Page : Untuk membuat judul halaman
  7. Change Case : Untuk merubah bentuk huruf (Sentence Case, Lowercase, Uppercase, Capitalize every word, toggle case).
  8. Column : Untuk mengatur jumlah kolom
  9. Sections : Untuk mengatur section
  10. Style and Formatting : Untuk mengatur gaya pemformatan
  11. AutoCorrect : Untuk memeriksa otomatis
  12. Anchor : Untuk mengatur letak gambar
  13. Wrap : Untuk wrap gambar
  14. Aligment : Untuk mengatur perataan teks
  15. Arrange : Untuk menata/mengatur gambar
  16. Flip : Untuk memutar objek/gambar
  17. Rotate : Untuk mengatur rotasi objek/gambar
  18. Group : Untuk mengatur kelompok objek/gambar
  19. Object : Untuk mengatur format Objek
  20. Frame/Object : Untuk mengatur objek/bingkai.
  21. Image : Untuk mengatur format gambar

f. Table
Menu Table berfungsi untuk membuat tabel, menyisip tabel dalam teks dokumen, mengurutkan data, dan segala hal yang berkaitan tabel. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Table berikut ini.
  1. Insert : Untuk menyisipkan tabel, kolom, baris, atau sel
  2. Delete : Untuk menghapus table, kolom, baris, atau sel
  3. Select : Untuk menyeleksi tabel, kolom, baris, atau sel
  4. Merge Cells : Untuk menggabungkan sel-sel terpilih
  5. Split Cells : Untuk membagi sel kolom pada tabel menjadi beberapa sel kolom yang lebih kecil
  6. Protect Cells : Untuk melindungi sel
  7. Merge Table : Untuk menggabungkan tabel terpilih
  8. Split Table : Untuk memisahkan tabel
  9. Auto Format : Untuk membuat format tabel secara otomatis
  10. Autofit : Untuk menyesuaikan lebar kolom pada tabel dengan lebar window secara otomatis
  11. Heading Rows Repeat : Untuk menunjuk baris terpilih untuk menjadi heading table yang diulang pada halaman selanjutnya.
  12. Convert : Untuk mengkonversi bentuk teks ke bentuk tabel atau sebaliknya.
  13. Sort : Untuk mengurutkan data.
  14. Formula : Untuk memberikan formula (perhitungan matematika).
  15. Number Format : Untuk format nomor.
  16. Table Boundaries
  17. Table Properties : Untuk menampilkan properties untuk tabel.
    g. Tools

Menu Tools berfungsi untuk memeriksa ejaan, memilih bahasa yang dikehendaki, menghitung banyak kata atau karakter, memproteksi dokumen, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Tools berikut ini.

  1. Spelling and Grammar : Untuk memeriksa ejaan
  2. Language : Untuk memeriksa bahasa ejaan
  3. Word count : Untuk menghitung banyaknya kata, paragraf, baris, karakter, dan halaman
  4. Outline Numbering : Untuk mengatur garis tepi penomoran
  5. Line Numbering : Untuk mengatur garis penomoran
  6. FootNote/EndNote : Untuk mengatur catatan kaki
  7. Bibliography Database : Untuk mengatur database bibliografi
  8. Address Book Source : Untuk mengatur sumber alamat buku
  9. Mail Merge Wizard : Untuk menggabungkan surat
  10. Sort : Untuk mengurutkan data
  11. Calculate : Untuk menghitung data
  12. Update : Untuk memperbaharui dokumen
  13. Macro : Untuk membuat macro
  14. Extension Manager : Untuk mngatur ekstensi/plug-in
  15. XML Filter Setting : Untuk mengatur penyaringan XML
  16. Auto Correct Options : Untuk membuat autocorrect
  17. Customize : Untuk melihat tombol toolbar, menu, dan shortcut key
  18. Options : Untuk memodifikasi pengaturan program dari Libre Office

h. Windows

Menu Window berfungsi untuk membuka jendela baru, menyusun semua jendela yang aktif dan melihat dokumen yang sedang aktif. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Windows berikut ini.
Fungsi Menu Window :

  1. New Window : Untuk membuka jendela baru
  2. Close Windows : Untuk menutup jendela yang aktif
  3. Document2 : Untuk melihat seluruh dokumen yang aktif


i. Help

Salah satu fungsi Menu Help adalah memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah yang dihadapi pada saat menggunakan fasilitas Libre Office Writer, termasuk informasi mengenai suatu ikon. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Help berikut ini.

  1. Libre Office Help : Untuk memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita menyelesaikan 
    masalah.
  2. What’s This : Untuk meminta penjelasan mengenai icon yang ditunjuk.
  3. Send FeedBack : Untuk mengirim umpan balik
  4. License Information : Untuk melihat informasi Lisensi Software.
  5. Check for Update : Untuk mengecek pembaharuan.
  6. About Libre Office : Untuk menampilkan informasi mengenai program Libre Office yang kita
    gunakan.

Related Posts

Menu pada Libre Office Writer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Komentarlah apabila belum paham. berikan komentar yang baik serta membangun, dilarang berjualan disini, dilarang promosi produk apapun.