Wednesday

5 Mobile OS Berbasis Open Source

Mobile OS berbasis Open Source Sebagai Alternatif Android


Tidak berlebihan Jika Omah Linux katakan bahwa Mobile OS berbasis Open Source merajai dunia perangkat Mobile. Meskipun Banyak yang tidak memperhatikan bahwa Android OS masih berbasis Open Source dan masih masih banyak yang menganggap bahwa Android bukanlah berbasis open source.

Jadi apa Alternatif Untuk Android? iOS? Windows? Mungkin, tapi disini saya akan berbicara mengenai Alternatif Android yang berbasis Open source.

5 Alternatif Android Berbasis Open Source


Tizen

Tizen

Tizen merupakan OS Mobile yang berbasis Open Source, Mobile OS yang sering dijuluki sebagai sistem opearasi mobile resmi dari Linux untuk alasan proyek ini didukung secara resmi oleh Linux Foundation. Terlepas dari Linux Foundation, proyek Tizen didukung oleh raksasa teknologi Samsung dan Intel. Samsung Z adalah salah satu yang menggunakan Sistem operasi ini.


Firefox OS


Tidak perlu menebak bahwa Firefox OS adalah sebuah proyek open source dari Mozilla Firefox, induk dari web browser open source yang terkenal. Ini menciptakan beberapa ripples dengan pengumuman smartphone berbasis Firefox OS yang harganya hanya $ 25. Tujuannya adalah untuk menargetkan pasar negara berkembang seperti Brasil, India dll Sayangnya, tag harga rendah saja tidak bisa membuat Firefox OS Raspberry Pi perangkat mobile dan seperti Tizen, Firefox OS juga tidak mendapatkan keberhasilan dengan perangkat ZTE nya. Firefox kini berencana untuk mengalihkan fokus dari perangkat biaya rendah untuk pengalaman pengguna dengan Firefox OS.

Sailfish OS


Ketika Nokia memutuskan untuk meninggalkan proyek OS mobile MeeGo,
beberapa karyawan tidak puas dan memutuskan untuk tetap MeeGo menginginkan Meego tetap hidup dalam bentuk OS Sailfish. Produk andalan mereka Jolla telah menggunakan OS Mobile ini. MeeGo seharusnya dilanjutkan oleh Linux Foundation dalam bentuk Tizen tapi selama waktu Tizen berkembang sendiri dan ini tidak dapat disebut sebagai MeeGo turunan lagi.

Ubuntu Touch

Ubuntu Touch

Ubuntu Touch (juga dikenal sebagai Ubuntu Phone) adalah versi mobile dari sistem operasi Ubuntu yang dikembangkan oleh Canonical UK Ltd dan Komunitas Ubuntu. Ubuntu Touch dirancang terutama untuk perangkat mobile touchscreen seperti smartphone dan komputer tablet.

Ubuntu Touch menggunakan sentuhan yang berbasis Qt 5  dan berbagai kerangka kerja software awalnya dikembangkan untuk Maemo dan MeeGo seperti oFono sebagai telephony stack, accounts-sso for single sign-on, dan Maliit untuk input. Memanfaatkan libhybris sistem yang dapat digunakan dengan kernel Linux yang sering digunakan di Android, yang membuatnya mudah terhubung ke kebanyakan smartphone Android terbaru.

LIHAT SPESIFIKASI UBUNTU PHONE 
 

Plasma OS

Plasma Mobile

KDE mengumumkan Plasma Mobile Berbasis Open Source. Plasma Mobile hanyalah sebuah versi mobile dari Lingkungan Desktop KDE yang berbasis desktop. yang berarti anda dapat menggunakan aplikasi desktop pada perangkat mobile ini. OS ini masih dalam tahap percobaan dan dapat diuji pada Lg Nexus 5. Ini akan menarik untuk ditunggu apakah Plasma Ponsel mendapat dukungan hardware dalam waktu dekat. 
 

Related Posts

5 Mobile OS Berbasis Open Source
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 komentar:

Tulis komentar

Komentarlah apabila belum paham. berikan komentar yang baik serta membangun, dilarang berjualan disini, dilarang promosi produk apapun.