Wednesday

Plasma 5.4 Telah Rilis dengan Fitur yang Lengkap

Selasa, 25 Agustus 2015. KDE merilis versi baru dari Plasma 5.

Rilis Kali ini, Plasma membawa banyak sentuhan yang bagus bagi para pengguna seperti dukungan High DPI, KRunner auto-completion dan Banyak ikon Breeze baru yang indah. Rilis ini juga terdapat beberapa komponen baru seperti Audio Volume Plasma Widget, monitor calibration tool dan User Manager tool yang datang dengan versi beta.



Fitur yang ada di Plasma 5.4

New Audio Applet New Audio Volume Applet

New Audio Volume applet bekerja secara langsung dengan PulseAudio, Server suara yang populer untuk Linux, untuk memberikan kontrol penuh atas pengaturan volume dan output didalam antarmuka yang sederhana yang dirancang dengan sangat indah.

Aplikasi Dashboard peluncur alternatif (Application Dashboard alternative launcher)

Plasma 5.4 membawa fullscreen Dashboard peluncur aplikasi yang belum pernah ada dan baru di kdeplasma-addons: Menampilkan semua fitur Aplikasi yang ada di menu termasuk skala canggih untuk ukuran layar dan ruang navigasi keyboard.

Peluncur baru memungkinkan Anda untuk dengan mudah dan cepat menemukan aplikasi, serta dokumen-dokumen yang terakhir digunakan atau yang sering dikunjungi dan kontak berdasarkan aktivitas Anda sebelumnya.
 


Karya Seni Yang Luar Biasa (Artwork Galore)

Plasma 5.4 membawa lebih dari 1400 ikon baru yang mencakup tidak hanya semua aplikasi KDE, tetapi juga menyediakan karya seni bertema Breeze untuk aplikasi seperti Inkscape, Firefox dan Libreoffice yang tersedia lebih terintegrasi, bernuansa asli.

KRunner history

KRunner sekarang dapat mengingat pencarian Anda sebelumnya dan disaat anda mengetik maka akan secara otomatis terlengkapi.





Penggunaan Grafik dalam Network Applet (Useful graphs in Networks applet)

Jaringan applet sekarang mampu menampilkan grafik lalu lintas jaringan. Ini juga mendukung dua plugin VPN baru untuk menghubungkan lebih dari SSH atau SSTP. 

Full Changelog dapat di lihat disini.

Install Plasma 5.4 di Kubuntu 15.04

Untuk menginstal Plasma 5.4 di Kubuntu 15.04 Anda perlu menambahkan KDE Backports PPA ke Software Sources Anda.
 
Menambahkan backports Kubuntu PPA tidak disarankan karena dapat meng-upgrade bagian lain dari desktop KDE, suite aplikasi, kerangka pengembang atau Kubuntu file konfigurasi tertentu.

Jika anda menginginkan desktop anda stabil, jangan lanjutkan.

Gunakan perintah ini untuk mengupgrade :

sudo add-apt-repository ppa:kubuntu-ppa/backports

sudo apt-get update && sudo apt-get dist-upgrade

Biarkan proses upgrade selesai. Dengan asumsi tidak ada kesalahan muncul, reboot komputer Anda agar perubahan diterapkan.

Jika Anda belum menggunakan Kubuntu, yaitu Anda menggunakan versi Ubuntu Unity, Anda harus terlebih dahulu menginstal paket desktopKubuntu (Anda akan menemukannya di Pusat Software Ubuntu).


Untuk membatalkan perubahan diatas atas dan downgrade ke versi terbaru dari Plasma tersedia dalam arsip Ubuntu dengan menggunakan alat PPA-Purge:

sudo apt-get install ppa-purge

sudo ppa-purge ppa:kubuntu-ppa/backports

Beritahu kami tentang hasil upgrade anda ke plasma 5.4 di Komentar, dan apa fitur yang anda harapkan pada Plasma.

Related Posts

Plasma 5.4 Telah Rilis dengan Fitur yang Lengkap
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Komentarlah apabila belum paham. berikan komentar yang baik serta membangun, dilarang berjualan disini, dilarang promosi produk apapun.