Friday

Distro Linux Untuk Pemula


Tertarik dengan Linux tetapi bingung dengan banyaknya Distribusi yang ada? disini akan direkomendasikan linux yang cocok bagi pengguna baru atau newbie.

Banyaknya distribusi (distro) linux di linux membuat para pengguna baru bingung akan memilih distro yang cocok bagi mereka. setiap distro linux mempunyai special mereka masing-masing. dan disini akan di berikan beberapa distro yang cocok bagi pengguna baru.

Lihat Juga [Distro Linux Terbaik]

1. Fedora

Dibuat hampir bersamaan dengan Ubuntu, Fedora mempunyai perbedaan yang menjadi distro yang digunakan Linus Trovald (pencipta Linux).

OS ini muncul setelah Red Hat Linux dihentikan oleh vendor perusahaan perangkat lunak. kemudian membuka jalan bagi Fedora untuk melanjutkan pembangunan dengan sponsor dari Red Hat Linux.

Akhir-akhir ini, Fedora adalah salah satu dari banyak distribusi yang paling populer. datang dengan firefox dan Libre Office sebagai Office Suite serta Aplikasi lain yang sangat membantu anda yang baru saja beralih ke linux.

2. Ubuntu

Ubuntu adalah salah satu distribusi linux yang paling menonjol, yang dikenal sangat user friendly yang membuatnya sangat diminati oleh mereka yang baru saja berliha ke linux (Open Source).

Diciptakan lebih dari satu dekade lalu, sejak proyek ini diambil oleh perusahaan Canonical.

Selain karena mudah digunakan, distro ini juga mencakup banyak program open source, termasuk web browser firefox, Email Client Thunderbird dan Libre Office. Pengguna juga dapat mengakses lebih banyak aplikasi di software center dan dukungan komunitas yang besar.

3. Debian

Debian adalah salah satu distribusi asli Linux. Dinamakan oleh pendirinya Ian Murdock dan istrinya Debra (Deb-Ian)/ hampir 1000 pengembang bangga mendukung beragam perangkat lunak yang mudah diinstal, yang jumlahnya kini sekitar 37.500.

Sebagai pengguna Debian akan sangat mudah menemukan perangkat lunak yang dibutuhkan, termasuk firefox yang telah disesuaikan, Thuderbird dan Internet suite SeaMonkey, serta alat-alat kantor yang biasa diperlukan.

4. Linux Mint

Setelah menghabiskan banyak hidupnya sinkronisasi rilis untuk Ubuntu, para pengembang di balik Linux Mint memutuskan untuk merilis versi alternatif berbasis Debian, dan sekarang mendukung beberapa jalur bagi mereka yang membutuhkan untuk menjalankannya dalam kondisi hardware yang berbeda.

5. OpenSUSE

openSUSE, sebagaimana layaknya namanya, itu didasarkan dari serangkaian dukungan secara komersial dari distro Linux yang dikenal sebagai SUSE (singkatan Jerman untuk "perangkat lunak dan sistem evolusi").
 
Mungkin lebih dari beberapa pesaingnya, openSUSE menawarkan gelar besar kustomisasi, memungkinkan configurability tinggi dan dukungan untuk lingkungan desktop yang berbeda dan akses mudah ke aplikasi pihak ketiga, dan YaST, alat yang berguna untuk mengontrol seluruh OS dari satu program.


Bagaimana Menurut anda??
Penulis menggunakan Ubuntu sebagai Distribusi Pilihan.

Related Posts

Distro Linux Untuk Pemula
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Komentarlah apabila belum paham. berikan komentar yang baik serta membangun, dilarang berjualan disini, dilarang promosi produk apapun.